Senin, 23 April 2012

Bali Top 5 Beaches Versi MemangTerlalu

Foto dan Teks Oleh: Allan Rinaldi

   Yihaaaaaa, ombak, pasir putih, sengatan matahari, dan turis mancanegara  menjadi ciri khas ketika menginjakkan kaki di Bali. Kebetulan banget nih salah satu kru MALU (Allan) sempet berada di Bali selama 2 bulan terakhir, jadi bisa nyicipin pantai-pantai apik nan eksotis khas pulau dewata.

   Bali yang termasuk dalam zona waktu Indonesia Bagian Tengah ini memiliki berbagai macam hal yang membuat banyak orang berdatangan. Sebut saja hamparan sawah khas Tegalalang, dunia malam khas legian, ketentraman hidup khas Ubud, dan yang pastinya adalah pantai-pantai yang berombak besar sepanjang garis pantai dari timur sampai barat Bali.

  Nah MALU pengen share sedikit nih tentang mana-mana aja sih pantai yang wajib dikunjungi kalau temen seperMALUan dateng ke Bali. Yuk langsung ayok kita kemon liat aja nih list tempatnya:


1. Pantai Suluban (Blue Point)
    Langsung saja urutan pertama ditempati oleh Pantai Suluban, atau biasa disebut juga Blue Point. Banyak orang menyebut Pantai Blue Point karena disana memang ada Hotel Blue Point yang letaknya persis dipinggir karang.
     Untuk mencapai pantai ini kita harus menuruni karang-karang, karena kita parkirnya kan diatas karang tuh, jadinya kalau mau ke pantai harus turun karang dulu dongs, ya kan ya kan. Dan uniknya lagi, setelah turun karang, kita harus melewati goa yang nantinya tersambung ke pantai. Nyampe sana pasti kalian langsung terkagum dengan keindahannya deh, karena kita bisa berenang diantara karang besar yang ombaknya tenang, jadi jangan khawatir terseret arus ya. 


 
Apa sih yang membuat pantai ini layak dikunjungi? White sand + Nice Waves + Great Surfer + Stunning Sunset! Yap betul, kalian harus kesini kalo udah jam 5 sore keatas, karena saat itu lagi banyak-banyaknya surfer yang lagi mencoba menaklukan ombak. Jangan heran kalo nanti kalian ngeliat surfer yang melakukan atraksi-atraksi aneh, karena memang di lokasi ini rata-rata surfernya yang udah jago-jago pren.


Sekarang bayangin coba, duduk di sebuah cafe diatas karang, yang isinya banyak turis asing, ditemani oleh sebotol beer dan menyaksikan para surfer menaklukkan ombak dan diiringi lagu reggae menjelang matahari yang mengucapkan salam perpisahan. oohhh my, Suluban is the greatest beach ever in Bali!!





2. Pantai Balangan
   Masuk ke urutan kedua, dialaaahh, jeng....jeng... Pantai Balangan! Naah kalau pantai balangan beda lagi ceritanya. Kalau pantai ini pasirnya haluuuusss banget, kalau kita melangkah, pasir-pasir itu bakal menghisap kita sedalam mata kaki, halus banget pren. Pantai balangan bisa kita nikmati dari berbagai sisi, bisa kita nikmati dari atas bukit untuk melihat hamparan pasir putih, dan juga bisa kita nikmati dari bawah sambil  bermain-main dengan ombak.

 

    Pantai Balangan ini kadang pasang kadang surut banget. Nah kalo lagi surut enak banget tuh buat yang suka fotografi. Tersedia sejauh mata memandang hamparan karang untuk dijadikan foreground pas lagi matahari tergelincir. Kalau lagi pasang, hal yang wajid dilakukan adalah Berenang! Jangan coba-coba ke Pantai Balangan kalo gak berenang, pasti nyeselnya kayak gak jadi berangkat Umroh...hahaaa lebay..

 

  



3. Pantai Tegal Wangi
    Sekarang kita mampir ke urutan ketiga, yaitu Pantai Tegal Wangi. Nama pantai tersebut diambil dari nama Pura yang terdapat disana pren. Disini garis pantainya gak terlalu panjang, dan lebih di dominasi sama karang. 

    

   Untuk mencapai pantai ini kita harus menuruni karang-karang, dan gak ada tangga ataupun jalan yang bagus. Jadi harus jalan kaki ala Panji Sang Penakluk untuk turun dan mencicipi air asin disini.
Hal yang menarik di pantai ini adalah banyak dipakai oleh para fotografer sebagai lokasi pemotretan orang yang lagi Prewed. Setiap kesana, pasti ada aja grup fotografer yang lagi mengabadikan indahnya cinta pasangan yang mau menikah, dan yang foto prewed-pun ga cuma orang lokal, malahan lebih banyak turis mancanegaranya, kebanyakan sih dari Cina atau Jepang gitu deh. Selain dipake buat prewed, pantai ini juga asik dinikmati sambil melihat matahari terbenam, soalnya dari atas karang kita bisa ngeliat pantai mungil nan indah ini, tapiii disini gak ada warung atau orang jualan, jadi pastikan bawa bekal ya sebelum kemari :)



4. Bali Cliff
   Kalo lagi gak sehat mending gak usah kesini deh! Agak sedikit sarkas memang, tapi memang benar adanya pren, karena untuk menuju pantai ini, tersedia tangga terbuat dari semen yang kurang lebih jumlahnya 300-an lho. Sediakan energi bukan untuk turun tangga, tapi pas naik tangganya, hehee. Biasanya kalo pas turun tangga orang lebih semangat daripada naik tangga, yoi lebih semangat berangkat daripada pulang kan? Apalagi kalau sebelumnya kalian main-main di pantai yang menguras energi, makin kelabakan deh tuh kalau mau naik tangga.  Di pantainya, gak ada orang jualan, bener-bener bersih sih sih sih.


   Enaknya pantai ini tuh sunyi, jauh dari kebisingan, sejauh mata memandang cuma karang tinggi dan ombak yang pecahnya nunjauh disana aja. Bagi yang mencari ketenangan dan kedamaian hidup, sambil menikmati langit biru dan suara deburan ombak, ini adalah tempat yang tepat!
   Oke, selamat menikmati 300 anak tangga pren :D


 





5. Pantai Padang-Padang
   Yak masuk ke chart nomor 5 akhirnya, dan jatuh kepada Pantai Padang-Padang. Yang bikin spesial dari tempat ini adalah........*mikir* :p
   

   Heheee, yang bikin bagus tuh yang pasti pasir putihnya, trus ombaknya yang tenang membuat ini tempat favorit bagi pada bule dan pak le untuk berjemur. Weits jangan mikir mesum dulu pren, yang berjemur itu rata-rata wanita yang sudah berumur, jadi ya silahkan aja bayangin sendiri :p
Oia, di pantai ini juga jadi tempat syutingnya film Julia Roberts yang "Eat, Pray, Love" itu lho, So tempat ini juga menjadi destinasi wajib kalau teman-temin pergi ke Bali :) 





     Naaahh itulah dia 5 pantai terasik menurut MALU. Menurut kalian gimana? atau punya pantai favorit sendiri di Bali? Weits, pasti salah satu dari kalian ada yang bertanya, dimana tuh lokasinya pantai-pantai yang MALU bahas ya kan? Dan sebagian pasti ada yang tau bahkan udah pernah. MALU saranin bagi yang tau jangan dikasitau ya. Kalau kalian pengen tau, yuk ajak MALU kesana, nanti MALU tunjukkin tempat-tempat yahud itu...yiiihhhaaaaaa....

Yuk mari kita jaga pantai-pantai kita, supaya bersih sedap dipandang dan bagus untuk difoto tentunya :)


Akhir kata MALU mengucapkan, Salam Bahari!! 








4 komentar:

  1. uyeee... fotonya kurang gede nih, jadi keindahan pantainya kurang tersalurkan...

    BalasHapus
  2. Klik gambar untuk memperbesar :)

    BalasHapus
  3. Nice article, the beaches shown here not only good for recreation, but also for taking some landscape photos :)

    BalasHapus
  4. ah Memalukan (memang sungguh terlalu) kalo aku sampe gak dikasih tau cara mencapai ke pantai" diatas hehehehe. nice info pak

    BalasHapus