Sabtu, 06 November 2010

s(he) : Cara Lain Wanita Membicarakan Lelaki.

"Oh jadi begini toh lelaki di mata perempuan!"  Tulis salah satu pengunjung di papan opini pada acara pembukaan pameran yang bertajuk "s(he)", Sabtu (06/11) malam tadi. Begitu lah adanya pameran ini. Jika dilihat dari judulnya aja kita bisa menebak maknanya, lelaki dalam perempuan, atau perempuan yang terdiri unsur kelelakiannya.

Adalah Karina Saputri, Farissa Achmadi, Meicy Sitorus dan Riksa Afiaty, empat wanita nan belia yang berkolaborasi merepresentasikan penafsiran mereka mengenai lelaki melalui foto. Karina Saputri menafsirkan pria dari bagaimana keadaan kamarnya. Tempat yang personal bagi setiap individu dimana ia hidup dan menaruh segala barang yang merepresentasikan dirinya. Ia menampilkan tujuh buah dyptich. Foto keadaan kamar yang apa adanya disandingkan dengan potrait pemiliknya.

Siapa bilang cowok nggak butuh meracik tubuhnya melalui berbagai benda. Tato, tubuh yang berotot, gitar, mobil dan jalanan dimaknai oleh Farissa Achmadi sebagai penanda maskulinitas laki-laki. Serial fotonya yang ia beri judul Men With Their Make Up dibagi menjadi dua, Him dan His. Melihat laki dari dirinya dan segala yang menjadi kesehariannya.


Jika kalian doyan menikmati foto yang abstrak nan konseptual, kalian bisa mencicipi 3 foto dalam ukuran besar sajian Riksa Afiaty. Cewek asik satu ini mengaku bahwa Seno Gumira Adjidarma adalah idolanya. Dalam fotonya masker  menjadi objek yang nggak pernah lepas. Seperti yang ditulis oleh sang kurator, Riksa mencoba menampilkan keterlindungan atau sisi yang tertutup dari sosok laki-laki melalui masker itu.


Nah, kalau kalian nggak baca pengantarnya dulu pasti kalian akan menganggap foto Meicy Sitorus biasa-biasa aja. Karena ia hanya menampilkan sesosok pria dengan berbagai karakternya. Tapi ternyata sejumlah sosok lelaki yang tampil dalam fotonya adalah dirinya sendiri. Rada sulit dipercaya memang, tapi begitulah adanya. Menurut cerita Meicy, seorang kawannya disihir menjadi tripod demi melaksanakan niatnya itu. Haha.. Tapi usahanya itu nggak sia-sia, ia berhasil mengekspresikan konstruksinya mengenai laki-laki. Seperti yang ditampilkan dalam foto-foto satunyaa, Meicy mengkategorikan tipe-tipe lelaki dan sisi menariknya. Ada Smart Guy, Bad Guy, Considerable Guy, Romantic Guy, Older guy, Younger Guy, dan Artistic Guy. Mungkin itu adalah kritalisasi dari perenungannya terhadap cowok seperti apa yang dia suka. haha..

Gimana? Semakin penasaran dengan karya-karya para eneng-eneng geulis ini? Sok mangga langsung tancap gas ke Galeri Padi. Pameran berlangsung dari tanggal 6-13 November 2010. Kalau kalian beruntung kalian bisa bertemu dengan para artistnya dan bisa menunaikan ibadah foto bareng mereka di depan karya-karya mereka. haha..

teks dan foto oleh: Rizki Ramadan

1 komentar: